saya hanyalah manusia biasa, yg banyak dipenuhi oleh salah dan khilaf, oleh karena itu jikalau ada postingan saya yg kurang berkenan di hati saudara pembaca sekalian, mohon dimaafkan lahir bathin, karena kebenaran hanya berasal dari Allah, dan kesalahana sepenuhnya ada diri saya...

Rabu, 02 Desember 2009

penyesalan itu pasti ada!


Apa yg salah di dunia ini? tidak ada yg salah, justru dunia tdk pernah mempermasalahkan apa pun di dunia ini, yg menjadi masalahnya adalah manusianya (person), yak... manusia lah yg membuat masalah di dunia (bumi & semesta alam). Mereka dng tangan bisa menghancurkan gunung, membunuh sesamanya (tanpa haq), berbuat keonaran ditengah ketenangan & keramaian, berburu kesenangan sesaat yg belum tentu selamanya dia rasakan, seandainya bumi bisa berbicara mungkin saja dia akan mencaci maki manusia yg udah bikin kerusakan di wajahnya, membuat angkara murka dgn segala kepongahan yg penuh dgn kesombongan manusia. Seandainya langit memiliki mulut utk berbicara, mungkin saja langit akan mengeluarkan air liur menggenangi mulut2 manusia yg penuh dgn angkuh dlm berbicara, sombong ketika menerima kebenaran. Lantas bagaimana sebenarnya kebenaran itu? apakah bumi & langit memiliki kebenaran sesungguhnya. Lalu, apa sebenarnya keinginan manusia yg paling hakiki? hidup aman sentausa dgn kehidupan ini saja? ataukah menyesal telah diciptakan di dunia?
Ah, terkutuk benar manusia, sudah diberikan akal, jasad, kehidupan dunia, namun tetap saja tdk pernah berfikir buat apa dia diciptakan di dunia, buat apa dia dihadirkan di dunia... tapi sejahat2nya manusia, tetap saja dia adalah seorang abid (hamba) yg memiliki kelemahan, yg memiliki kekeliruan, seorang presiden belum tentu selalu benar dlm menjalankan kebijakannya, seorang khalifah (khilafah) pun tentu memiliki peluang utk berbuat salah. Setiap perbuatan tentu mengandung resiko, seorang pembunuh pasti yakin dia akan mempertanggung jawabkan perbuatannya (entah sekarang atau kapan pun), seorang pengambil kebijakan tentu telah menelaah bagaimana prospek kebijakan yg diambil ke depannya.
Hmmm... benarlah, setiap perbuatan pula manusia pasti melaluinya dgn keyakinan (bahwa perbuatannya adalah konsekuensi dia berada di dunia), berani berbuat pasti berani bertanggung jawab (kini atau kelak) dan penyesalan itu pasti ada!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar