saya hanyalah manusia biasa, yg banyak dipenuhi oleh salah dan khilaf, oleh karena itu jikalau ada postingan saya yg kurang berkenan di hati saudara pembaca sekalian, mohon dimaafkan lahir bathin, karena kebenaran hanya berasal dari Allah, dan kesalahana sepenuhnya ada diri saya...

Rabu, 31 Maret 2010

demokrasi, susu & kelapa

diatas panggung kandang sapi itu, seorang anak tengah berlatih retorika tentang kebusukan demokrasi yang merupakan tugas dari sekolahnya. anak kelas 5 sekolah dasar yg sehari-hari menjagakan sapi-sapinya itu berdiri dgn gagah dengan secarik kertas lembab di tangan kirinya, tangan kanannya tentu saja berlenggak lenggok layaknya Soekarno yang tengah berpidato membakar emosi audiens!

"jika jaman prasejarah di sebut hukum rimba, dimana yg kuat akan menang & yg lemah akan kalah. maka, demokrasi adalah jelmaan barunya. demokrasi, bahkan menekankan yg namanya mayoritas selalu benar & minoritas sekalipun menyuarakan kebenaran pasti akan dianggap salah & tdk layak diikuti.

walaupun telah berganti dgn baju barunya, namun tetap saja demokrasi tidak beda halnya dgn hukum rimba. demokrasi bisa melumat yg lemah memberangus kebenaran hakiki membuang jauh-jauh moralitas, jika hukum rimba melibas yg lemah dgn membabi buta, maka demokrasi bukan saja membantai manusia membabi buta namun secara sistemik menghilangkan perikehidupan dari sisi terdekat manusia itu sendiri, seperti keadilan, kasih sayang, perdamaian, kesejahteraan dan lain sebagainya.

demokrasi melahirkan paham kebebasan (liberalism), dimana satu-satunya panduan hidup yg menjadi kiblat mutlak berpusat pada akal manusia belaka! segala konsekuensi logis dari keberadaan akal manusia tersebut haruslah diterima dgn suara terbanyak (demokrasi). walaupun racun egalitarian selalu disusupkan oleh penganut demokrasi, tetap saja tidak dpt menutupi bau busuk yg membelakanginya, yakni kebebasan (liberalism) yang justru kebablasan.

kesederajatan walau bagaimana pun bentuknya tetap saja tdk dapat menemukan kebebasan yg dimaksud (liberalism ala demokrasi). otak manusia yg satu dgn otak manusia lainnya tentu saja memiliki pandangan ide yg sangat beragam. setiap negara memiliki pandangan yg berbeda2 tentang demokrasi, demokrasi di indonesia berbeda dgn demokrasi yg di pegang oleh amerika dan lain sebagainya. pancasila pun tidak pernah ada di dalam pilar negara amerika serikat (kiblat demokrasi ?), begitu halnya dengan sistem perdana menteri / presidensial --walaupun dipilih secara demokratis.

anehnya, indonesia yg dicap sebagai negara yg paling demokratis justru bertindak sangat tidak demokratis. penggusuran dgn dalih keindahan, sekolah yg tdk gratis walaupun dgn dalih adanya sekolah gratis melalui bantuan operasional sekolah (BOS), kebebasan seksual dgn dalih seks aman / jaminan hak reproduksi, dan lain sebagainya hanya sedikit contoh dari ketidakdemokratisan pemerintah dlm mengurus rakyatnya.

pemandangan sehari2 di media elektronik / cetak ttg sepak terjang pemerintah yg tdk demokratis sangat tampak dengan nyata di depan mata kita.
bagaimana pula dgn fakta2 terorisme yg sangat memberatkan kaum muslim yg secara teoritis bertolak belakang dgn aksinya. media yg secara korporat berusaha membelakangi fakta sesungguhnya tidak sadar telah menipu rakyat.

fakta kepemimpinan yang memihak keapda rakyat tidak pernah lahir dari rahim demokrasi. selalu saja, kepemimpinan sangat lekat dgn korupsi, kolusi dan nepotisme, kalau pun tidak ada, maka jurus pencitraan di buat sedemikian rupa seakan-akan berpihak kepada rakyat. tindak tanduk kepemimpinan ala demokrasi sejatinya tidak akan pernah melahirkan --bagaimana pun bentuknya-- pemimpin yang memerhatikan hak rakyat. jangankan korupsi, mafia hukum dengan markusnya selalu saja menghantui sistem demokrasi ini."

***

setelah caci maki demokrasi tercecer di atas lantai, di dalam kandang yg pengab oleh kotoran sapi itu, kedua hewan yg tengah mengunyah rumput berdiskusi alot;

"mooo, rupanya demokrasi memang hanya ilusi ya broo..."

"mooooo.... bukan hanya ilusi brur, tapi memang tidak pernah ada di dunia ini.."

"moo.., kamsudnya..?? mooo... nyam.. nyam.."

"nyam.. nyam..., seperti apa ya..? mooo... mungkin seperti kita yang ga pernah di ciptain di dunia ini mungkin ya..."

"mooooo.... nyam nyam... ooo, waktu kita di kurban gituh..??"

"nyam.. nyam.. nyam... seperti itulah mungkin.."

"tapi brur, nyam nyam... kenapa kita diciptain di dunia ini cuma buat di kurban sama di peras susunya aja ya..?? nyam nyam..."

"well, nyam nyam... itulah kita... kata mereka (pen. manusia) daging sama susu kita mengandung gizi yang tinggi... nyam.. nyam...."

"gizi?? afaan tuch... nyam nyam..."

"gizi itu mungkin seperti zat yg diperlukan buat pertumbuhan manusia.. nyam nyam..."

"moooo... nyam nyam... wah berarti kita sehat dong brur ya..??.. kitakan mengandung gizi yang tinggi ... nyam nyam..."

"moooo... ya tentu saja lah... coba ente fikir... ada ga zat yang bisa di ambil dari manusia untuk pertumbuhan badan??"

"hemmmm... afa yaaaa.. nyam nyam..."

"ada ga..??"

"nyam nyam... kalo kotoran manusia bisa jadi pupuk seperti kotoran kita... nyam nyam..."

"wah... bisa juga tuh, kotoran manusia bisa jadi pupuk, tapi kenapa pupuk kotoran manusia ga pernah ada yang jual ya... justru kotoran kita banyak di jual di pasaran sana.. nyam nyam..."

"moooo... mungkin brur, kotoran kita lebih hebat dari kotoran manusia... nyam nyam..."

"mungkin aja sih, tapi kita kan cuma makan rumput sama minum air campur jamu doang brur.. bagaimana bisa beda dgn kotoran manusia yang makanannya macam-macam.. nyam nyam..."

"mooo... iya ya.. bener juga, manusia makanannya kan macam-macam, ada tauge, ada nasi, sayur-sayuran termasuk daging kita ya brur.. moooo nyam nyam..."

"ah bodo amat.. buat apa kita mikirin makanan manusia ya brur, wong kita aja kadang di beri makan manusia kadang cari sendiri ya.. nyam nyam..."

"iya ya..."

"eh ada lagi neh, zat yang bisa di ambil dari manusia.. "

"afaan.. nyam nyam..."

"susu manusia..."

"whoeeeiyaa ya... nyam nyam...."

"susu manusia baik untuk pertumbuhan manusia.. nyam nyam.."

"tapi brur susu kita kan buat semua umur.. bisa ga susu manusia buat semua umur seperti susu kita juga..?? nyam nyam.."

"hemm... ga tau deh..."

"mooo... soalnya banyak yang ane lihat tuh susu manusia dipake buat manusia yang masih kecil (bayi).. nyam nyam..."

"nyam nyam... wah mungkin aja tuh brur... nyam.."

"contohnya kita brur.. susu kita kan paling banter buat anak kita yang masih kecil ya... tapi kenapa justru buat manusia yang udah rada dewasa gituh.. apa mereka ga pernah mikir buat susu buat diri mereka sendiri...?? nyam nyam..."

"whehehehe... kita aja ga pernah ngerasain susu kita sendiri ya brur, kecuali waktu kecil dulu... nyam nyam...mooo...."

"whooiyaa ya... bener juga tuh..."

"lagian brur, kenapa juga manusia demen banget sama susu kita ya.. kaya ga ada kerjaan ajah... nyam nyam..."

"au ah gelap!... tuh ada yg datang bawa ember... mauw nyadap susu kita kayanya... nyam nyam..."

***

hembusan angin sepoi-sepoi di kandang sapi itu membuat pohon-pohon kelapa terasa terbang ke sana kemari. di balik rimbunan buah kelapa segar yg telah ranum terjadi perselisihan sengit antara dua kubu semut ;

"ini bagianku! cari bagianmu sanah!!"

"hei, dari tadi kami sudah mendiami tempat ini berpuluh-puluh matahari lamanya!"

"berarti sekarang giliran kami yang menggantikan posisi kalian disini!"

"enak saja, cari saja sendiri sana ladang makananmu!"

"tidak! kami telah menemukan tempat kami itu!"

"kami tetap tidak akan terima kalian menggantikan kedudukan kami disini!"

"bagaimana ini, posisi kalian sudah selayaknya diganti, lihatlah kedudukan kalian sekarang, tidak pernah ada perubahan sedikit pun disini.."

"perubahan? kami senantiasa mereformasi diri setiap datang matahari kedua! coba terangkan dimana letak tidak berubahnya kami disini, jangan asal menyebarkan kontroversi saja disini!"

"pertama, pola fikir kalian tidak pernah berubah, contohnya, kalian selalu saja tidak pernah bergerak dari sini utk melihat perubahan di pepohonan lainnya, kedua, tata kelola kehidupan kalian stagnan dan hanya mengulang pola yang lama, ketiga, aturan yg kalian buat justru mengekang kalian sendiri, aturan yg memberangus sistem kehidupan kalian sendiri, karena memang aturan itu lahir dari hasil olah fikir yang tak pernah keluar dari lingkaran, kalian tak pernah melihat pepohonan lain di luar sana yg mungkin saja membantu pola fikir kalian menjadi lebih bertambah dari sebelumnya, keempat ijinkan kami menggantikan posisi kalian disini, karena kami menawarkan perubahan, sebuah tata aturan paripurna, aturan yg berasal dari si pembuat pohon itu sendiri, aturan yg tak pernah memberangus hak azasi perhewanan lainnya, aturan yg adil dari yg maha adil..."

"bagaimana jika kami menolaknya?!"

"kami akan memberikan pengetahuan kepada kalian..."

"pengetahuan apa?!"

"pengetahuan tentang sang pencipta alam raya ini.."

"siapa pencipta alam raya itu?!"

"Dialah yg menciptakan seluruh isi alam ini.."

"bleh... termasuk kamu dan aku?!"

"ya benar dan seluruh rantai makanan di dunia ini..."

"lalu, jika kami tetap menolaknya..!"

"pertempuranlah yg akan kalian terima!"

"dengan apa kalian akan memerangi kami?"

"dengan keyakinan!"

***

tambahan :

Air kelapa tak hanya bisa melepaskan dahaga, tetapi kandungan gizi yang terdapat di dalamnya sangat baik untuk kesehatan. Salah satunya, minum air kelapa selama kehamilan sangat dianjurkan, karena memiliki banyak manfaat kesehatan bagi ibu serta bayi.

Ada banyak nutrisi penting dalam air kelapa dan memiliki tingkat yang sama dengan keseimbangan elektrolitik yang kita miliki dalam darah. Air kelapa juga steril secara alami. Secara umum, air kelapa sangat sehat, tetapi bahkan lebih menguntungkan untuk wanita hamil.

Di negara-negara tropis yang hangat, dan kelapa tersedia dengan mudah, dokter sering kali merekomendasikan minimum satu gelas air kelapa per hari untuk wanita hamil. Kelapa membantu menjaga kesehatan ibu dan pertumbuhan janin.

Air kelapa tender (empuk atau muda) dikenal sebagai sumber terkaya elektrolit, oleh karena itu sangat dianjurkan bagi orang yang menderita penyakit apa pun. Air kelapa juga mengandung klorida, kalium, dan magnesium dan moderat jumlah gula, natrium dan protein yang tinggi.

Kalium dari minum air kelapa dapat membantu mengatur tekanan darah dan fungsi jantung. Juga merupakan sumber yang sangat baik dari serat, mangan, kalsium, riboflavin dan vitamin C.

Seperti dilansir dari babycenter dan buzzle, Senin (22/3/2010), beberapa manfaat dari air kelapa untuk wanita hamil adalah sebagai berikut:
1. Air kelapa adalah minuman isotonik alami. Ini membantu dalam pengisian cairan dan hilangnya garam alami yang dilepaskan oleh tubuh. Air kelapa dapat sangat mencegah dehidrasi dan kelelahan.
2. Air kelapa pada dasarnya bebas lemak dan dikenal sebagai minuman nol kolesterol. Beberapa studi telah melaporkan, bahwa air kelapa juga memiliki efek positif untuk menaikkan tingkat HDL (High-density lipoprotein), yaitu kadar kolesterol yang baik dalam tubuh. Hal ini dapat membantu menjaga kadar kolesterol tinggi.
3. Air kelapa sangat dikenal untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Karena air kelapa kaya dengan asam laurat yang digunakan tubuh untuk menghasilkan monolaurin yang dapat memerangi penyakit asam lemak turunan. Asam laurat dapat memiliki anti bakteri, anti virus dan anti jamur. Kandungan seperti itu dapat sangat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu dan pertumbuhan janin, dan sangat mencegah terjadinya infeksi flu, HIV, herpes, dan lainnya.
4. Manfaat kesehatan lain dari air kelapa adalah bahwa dapat membantu mencegah dan mengobati mulas. Air kelapa secara efektif membantu membersihkan usus dan saluran pencernaan. Hal ini dapat meringankan wanita hamil dari mulas dan sembelit, juga disarankan untuk orang yang menderita bisul.
5. Sebagian besar wanita menderita urinary tract infection (infeksi saluran kemih atau UTI). Air kelapa menjadi diuretik alami, dapat membantu meningkatkan aliran dan frekuensi urin. Dengan demikian, air kelapa dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh dengan mudah, sehingga dapat mencegah infeksi saluran kemih dan timbulnya batu ginjal.
6. Air kelapa adalah sumber alami dan aman untuk hidrat tubuh, dan melancarkan pencernaan, dan juga merupakan bahan kimia gratis yang mengandung jumlah elektrolit yang tinggi.
7. Air kelapa ringan dan bahkan dapat membantu dalam penurunan berat badan. Satu cangkir air kelapa hanya mengandung 46 kalori, air kelapa seperti 95 persennya adalah air.

Air kelapa secara umum memiliki banyak manfaat kesehatan, dan merupakan sumber besar untuk mengisi kembali jumlah elektrolit tubuh, itulah sebabnya dianjurkan untuk orang tua dan orang sakit.

Jadi, ibu hamil sangat dianjurkan minum air kelapa setiap hari untuk mendapatkan semua manfaat kesehatan seperti yang disebutkan di atas. Minum air kelapa selama hamil juga dianjurkan dicampur dengan gula atau kunyit. Daging putih kelapa juga dapat dikonsumsi, karena sehat bagi ibu dan janin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar