saya hanyalah manusia biasa, yg banyak dipenuhi oleh salah dan khilaf, oleh karena itu jikalau ada postingan saya yg kurang berkenan di hati saudara pembaca sekalian, mohon dimaafkan lahir bathin, karena kebenaran hanya berasal dari Allah, dan kesalahana sepenuhnya ada diri saya...

Jumat, 12 Maret 2010

gagal

leonardo da vinci percaya bahwa utk menambah pengetahuan ttg suatu masalah dimulai dgn mempelajari cara menyusun ulang masalah tersebut dgn berbagai cara yg berbeda. ia merasa bahwa pertama kali melihat masalah itu terlalu prubasangka. seringkali, masalah itu dapat disusun ulang dan menjadi suatu masalah yg baru.


ketika einstein memikirkan suatu masalah, ia selalu menemukan bahwa perlu utk merumuskan persoalannya dlm berbagai cara yg berbeda-beda yg masuk akal, termasuk menggunakan diagram-diagram. ia membayangkan solusi-solusinya dan yakin bahwa kata2 dan angka2 tidak memegang peran penting dalam proses berpikirnya.


thomas edison memegang 1.093 paten. dia memberikan jaminan produktivitas dgn memberikan ide-ide pada diri sendiri dan asistennya. dalam studi dari 2.036 ilmuwan sepanjang sejarah, dekan keith simonton, dari universitas of california di davis, menemukan bahwa ilmuwan-ilmuwan yg dihormati tidak hanya menciptakan banyak karya-karya terkenal, tapi banyak yg buruk. mereka tidak takut gagal, atau membuat kesalahan besar utk meraih hasil yg hebat.


da vinci menemukan hubungan antara suara bel dan sebuah batu yg jatuh ke dalam air. hal ini memungkinkan da vinci utk membuat hubungan bahwa suara mengalir melalui gelombang-gelombang.


samuel morse menciptakan stasiun-stasiun penghubung utk tanda-tanda telegraph ketika memperhatikan stasiun-stasiun penghubung utk kuda-kuda.


ahli ilmu fisika niels bohr percaya bahwa jika anda memegang pertentangan secara bersamaan, kemudian anda menyingkirkan pikiran anda dan akal anda bergerak menuju tingkatan yg baru. kemampuannya utk membayangkan secara bersamaan mengenai suatu partikel dan suatu gelombang mengarah pada konsepsinya tentang prinsip saling melengkapi. dengan menyingkirkan pikiran (logis) dapat memungkinkan akal anda utk menciptakan sesuatu yg baru.


aristotle menganggap metafora sebagai tanda yg jenius, dan percaya bahwa individu yg memiliki kapasitas utk menerima persamaan antara dua keberadaan yg berbeda dan menghubungkannya adalah individual yg punya bakat khusus.


bilamana kita mencoba sesuatu dan gagal, kita akhirnya mengerjakan sesuatu yg lain. hal ini adalah prinsip pertama dari kekreatifan. kegagalan dapat menjadi produktif hanya jika kita tidak terfokus pada satu hal sebagai suatu hasil yg tidak produktif. sebaliknya, menganalisa proses, komponen-komponen dan bagaimana anda dapat merubahnya utk memperoleh hasil yg lain. jangan bertanya,


"mengapa saya gagal?"


melainkan,


"apa yg telah saya lakukan?"


(source: michael, thinking like a genius: eight strategies used by the super creative from aristotle and leonardo to einstein and edison (new horizons for learning) http:www.newhorizons.org/wwart_michalko1.html. ))


Abu Malik Al-Harits Al-Asy'ary ra berkata: Rasulullah SAW bersabda, "Kesucian adalah sebagian dari iman. Alhamdulillah memberatkan timbangan. Subhanallah walhamdulillah memenuhi ruangan antara langit dan bumi, shalat adalah cahaya, sedekah adalah burhan (bukti nyata), sabar adalah pelita, Alquran adalah hujjah (pedoman) bagimu dan atasmu (akan mendorongmu masuk surga jika kamu menerapkan isinya dan mendorongmu masuk neraka jika kamu mengingkari isinya). Semua orang pergi bekerja. Ada yang menjual dirinya; ada pula yang membebaskan dirinya; ada pula yang menghancurkan dirinya" (HR Muslim).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar